Kamis, 24 Januari 2013

Selayang Pandang


2001-2003            : Muddin Wael
2003-2004            : Sahril
2004-2005            : Sahril
2005-2006            : Nurmiati AR
2006-2007            : Rusmin
2007-2008            : Hasan Farfar
2008-2009            : Ahmad Rifai
2009-2010            : Muh. Taufiq Syam
2010-2011            : Delukman A
2011-2012            : Fajar Asfar
2012-2013              : Haerul Hamka

 2013-2014             : Bustamil Rasyid
2014-2015               : Muh. Nisyarkawi
2016-2017              : Askar Nur 

SEKILAS TENTANG JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INGGRIS
FAK. ADAB DAN HUMANIORA UIN  ALAUDDIN MAKASSAR.

Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris adalah sebuah cabang ilmu yang didalamnya tidak hanya mempelajari kemampuan-kemampuan dasar dalam berbahsa, tetapi juga disamping itu juga mempelajari tentang sturuktur-struktur bahasa, bentuk-bentuk bahasa dan juga mempelajari bermacam-bermacam bentuk karya satra bahasa Inggris, misalnya novel, puisi, prosa, film, dan beberapa lagi yang lainnya. Hal ini tentu saja menjadikan jurusan ini memiliki banyak keunggulan.
Pada mulanya, jurusan Bahasa dan Sastra Inggris hanya mempelajari tentang kajian-kajian seputaran wilayah sastra itu sendiri, akan tetapi mengingat pentingnya pengetahuan-pengetahuan dasar dalam berbahasa Inggris, sehinnga sekarang jurusan ini juga telah mempelajari hal-hal yang mendasar yang berkaitan dengan kemampuan berbahasa, misalnya Kosakata, Grammar, Writing, Reading dan Listening. Oleh karena itu, kini alumni-alumni jurusan Bahasa dan Satra Inggris dapat bersaing dengan alumni-alumni jurusan Bahasa Inggris lainnya. Sehingga melahirkan alumni-alumni yang profesional dan berbasis kompentensi.
Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berada di UIN Alauddin Makassar dan berada di bawah naungan Fakultas Adab dan Humaniora, didirikan pada bulan Juni tahun 2000. Jurusan ini didirikan dengan harapan dapat mencetak tenaga-tenaga profesional yang mahir dalam berbahasa Inggris dan menjadi sastrawan-sastrawan yang handal sebagai usaha untuk menghadapi era globalisasi.
Dari usianya yang telah menginjak usia selama satu dasawarsa, Jurusan Bahasa dan  Sastra Inggris di UIN Alauddin Makassar adalah satu-satunya Jurusan Bahasa dan  Sastra Inggris  yang terdapat di Universitas Islam Negeri di Kawasan Indonesia Timur yang telah mendapat Akreditasi dari Menteri Pendidikan dan Menteri Agama dengan gelar S.Hum (Sarjana Humaniora), telah berhasil melahirkan sejumlah alumni-alumni yang telah tersebar di seluruh pelosok kota di Indonesia. Kota-kota tersebut diantaranya adalah Bulukumba, Gorontalo, Makassar, Palopo, Bima, Bandung, Jakarta, Yogyakrta, Surabaya, Banjarmasin, Riau, Ambon dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia. Para alumni ini bekerja pada sejumlah perusahaan-perusahan, baik perusahan swasta maupun di departemen-departemen milik pemeritah. Tidak sedikit juga diantaranya banyak telah menjadi guru-guru di sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Umum (SMU) di berbagai kota dan kabupaten di seluruh Indonesia, bahkan beberapa diantaranya telah menjadi dosen di beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta, baik di dalam maupun di luar negeri.




Kegitan Perkampungan Bahasa Inggris (English Camp) dan Berburu Harta Karun (Treasure Hunt) yang dilaksanakan di awal perkuliahan

Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris di UIN Alauddin ini jelas menjadi salah satu jurusan terfavorit dan dapat diperhintungkan, karena kebanyakan alumni-alumninya membuktikan hasil yang sangat membangkan.



KEUNGGULAN JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INGGRIS UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar memiliki banyak keunggulan dibanding dengan jurusan lainnya karena kurikulum yang digunakan berbasis kompetensi, selain itu juga memberikan ilmu-ilmu Agama Islam dan juga mengajarkan Bahasa Arab.


Suasana Perkuliahan


Disamping itu, banyak hal yang menjadi penyokong dalam peningkatan kemampuan berbahasa Inggris, misalnya:
1.   Kegiatan perkampungan Bahasa Inggris (English Camp) setiap awal perkuliahan selama satu minggu.
2.    Kegiatan Spending Night dan English Day yaitu kegiatan yang selama semalam atau sehari berbahasa Inggris.
3.   Weekly Meeting yaitu sekali dalam seminggu akan ada kajian, baik kajian peningkatan kemampuan dasar berbahasa, maupun kajian tentang kesusasteraan barat.
4.   TOEFL Prediction dan TOEIC
5.   Kerjasama dengan Lembaga-Lembaga Kursus Bahasa Asing, misalnya Trial Class yang diadakan oleh Briton English College dan IDP (Internasioal Development Program).
Disamping itu, juga terdapat beberapa program yang dipercaya dapat membantu dalam penigkatan kemampuan berbahasa.

Tidak hanya itu, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris juga memberikan beberapa bantuan berupa beasiswa bagi mahasiswa dan mahasiswi yang tidak mampu, maupun berprestasi. Beasiswa tersebut diantaranya, Beasiswa Departemen Agama, Beasiswa BI, Beasiswa Supersemar dan Beasiswa BRI. Disamping itu, juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa untuk mengecam pendidikan di luar negeri, misalnya Beasiswa Full Bright bekerjasama dengan Amerika Serikat, Beasiswa British Councill bekerjasama dengan Inggris dan beasiswa Departemen Luar Negeri bekerjasama dengan beberapa negara lainnya. Alumni-alumni Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, kini telah banyak yang menjadi tenaga-tenaga profesional di berbagai bidang. Hal ini membuktikan bahwa Jurusan Bahasa dan Satra Inggris UIN Alauddin Makassar adalah salah satu jurusan yang patut diperhitungkan.
Kegiatan lomba English Speech

Pementasan derama

Kegiatan Lomba Acoustic


Tidak ada komentar:

Posting Komentar